ANALISIS IDENTIFIKASI RESIKO KECELAKAAN KERJA DI PT. ABCD MENGGUNAKAN METODE HAZARD IDENTIFICATION RISK ASSESMENT AND RISK CONTROL (HIRARC)

Authors

  • Nazar Isnu Fajri Sekolah Tinggi Teknologi Bandung
  • Jeferson Siahaan Sekolah Tinggi Teknologi Bandung

DOI:

https://doi.org/10.53580/sistemik.v11i2.98

Keywords:

Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), metode Hazard Identification Risk Assesment and Risk Cotrol (HIRARC), tingkatan risiko kecelakaan kerja, pengendalian risiko, hirarki (APD, Elimination, Enginering dan Substitusion)

Abstract

  1. ABCD disiapkan untuk menangani bidang perawatan industri/maintenance dan perbengkelan. Selain itu, PT. ABCD sebagai perusahaan yang menaruh perhatian besar dalam kesehatan dan keselamatan kerja, hal yang telah dilakukan adalah ditetapkannya pelaksanaan keselamatan dan kesehatan kerja (K3) serta telah menyediakan APD bagi tenaga kerja maupun orang lain yang berada ditempat kerja. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis risiko bahaya dan pengendaliannya menggunakan metode Hazard Identification Risk Assesment and Risk Cotrol (HIRARC) untuk meminimalisir tingkat kecelakaan kerja, penulis melakukan pengambilan data melalui observasi dan wawancara pada karyawan, hasil yang didapat dari penelitian ini teridentifikasi 28 potensi bahaya dengan kategori tingkat resiko yaitu low risk, medium risk, high risk dan extereme risk dan pengendalian risiko (risk control) menggunakan hirarki alat pelindung diri (APD/PPE), eliminasi (Elimination), rekayasa (Engineering) serta substitusi (Substitution) dimana pada proses kerja harus mempersiapkan alat pelindung diri (APD) yang sesuai dengan proses kerja nya, melakukan pengecekan lingkungan sekitar pada saat proses kerja agar percikan atau paparan tidak menyebabkan kebakaran serta memasang display K3 mudah terbakar, selain itu juga harus menggunakan peralatan listrik yang sesuai standar, ukuran kabel yang sesuai serta harus tertata rapih jangan berserakan dan isolator yang dipakai harus sesuai dengan kegunaan nya.

Downloads

Published

2023-12-31

Issue

Section

SISTEMIK : Jurnal Ilmiah Nasional Bidang Ilmu Teknik

Categories